INI LANGKAHKU

Sunday, October 9, 2011

Remidi TIK MID Semester 1

 soal

  1. Jelaskan macam-macam topologi jaringan komputer!


  1. Sebuah jaringan komputer menggunakan topologi “ring” , peralatan yang digunakan adalah kabel UTP. Jelaskan tata letak komputer dan tata urutan kabel yang digunakan!

  1. Bila base-station acces point  menggunakan enkripsi jenis WEP dengan kode “jojobaik”, maka pengaturan koneksi menggunakan WICD Network Manager di Backtracks dilakukan melalui langkah-langkah, yaitu...

  1. Android Froyo yang diinstal dalam netbook hanya memperkenankan koneksi melalui ethernet, tuliskan tata urutan kabel UTP yang menghubungkan netbook ke modem ADSL!

  1. Jika seseorang berangkat ke Madinah dan saat berada di tempat tersebut hendak melakukan koneksi inernet dengan komputer berbasis Linux Ubuntu Lucid, maka gambarkan langkah-langkah yang harus ditempuh orang tersebut!

  1. Tuliskan skrip program untuk membuat koneksi modem SMARTFREN melalui eksekusi WVDIAL dan jelaskan tanda-tanda di terminal bahwa modem sudah terkoneksi dengan internet!
Jawab 

1. - Star Network (Jaringan Bintang).
Dalam konfigurasi bintang, beberapa peralatan yang ada akan dihubungkan kedalam satu pusat komputer. Kontrol yang ada akan dipusatkan pada satu titik, seperti misalnya mengatur beban kerja serta pengaturan sumber daya yang ada. Semua link harus berhubungan dengan pusat apabila ingin menyalurkan data kesimpul lainnya yang dituju. Dalam hal ini, bila pusat mengalami gangguan, maka semua terminal juga akan terganggu. Model jaringan bintang ini relatif sangat sederhana, sehingga banyak digunakan oleh pihak per-bank-kan yang biasanya mempunyai banyak kantor cabang yang tersebar diberbagai lokasi. Dengan adanya konfigurasi bintang ini, maka segala macam kegiatan yang ada di-kantor cabang dapatlah dikontrol dan dikoordinasikan dengan baik.

- Ring Networks (Jaringan Cincin)
Pada jaringan ini terdapat beberapa peralatan saling dihubungkan satu dengan lainnya dan pada akhirnya akan membentuk bagan seperti halnya sebuah cincin. Jaringan cincin tidak memiliki suatu titik yang bertindak sebagai pusat ataupun pengatur lalu lintas data, semua simpul mempunyai tingkatan yang sama.

- Tree Network (Jaringan Pohon)
Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya.

- Bus Network
Konfigurasi lainnya dikenal dengan istilah bus-network, yang cocok digunakan untuk daerah yang tidak terlalu luas. Setiap komputer (setiap simpul) akan dihubungkan dengan sebuah kabel komunikasi melalui sebuah interface. Setiap komputer dapat berkomunikasi langsung dengan komputer ataupun peralatan lainnya yang terdapat didalam network, dengan kata lain, semua simpul mempunyai kedudukan yang sama.

- Linier
Jaringan computer dengan topologi linier biasa disebut dengan topologi linier bus, layout ini termasuk layout umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik koneksi (computer) yang dihubungkan dengan konektor yang disebut T connector dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah terminator


2. Pada jaringan ini terdapat beberapa peralatan saling dihubungkan satu dengan lainnya dan pada akhirnya akan membentuk bagan seperti halnya sebuah cincin. Jaringan cincin tidak memiliki suatu titik yang bertindak sebagai pusat ataupun pengatur lalu lintas data, semua simpul mempunyai tingkatan yang sama.Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.




Topologi ring menggunakan tata urutan kabel cross :
a. Putih orange – orange – putih hijau – biru – putih biru – hijau – putih coklat – coklat
b. Putih hijau – hijau – putih orange – biru – putih biru – orange – putih coklat – coklat


3. – Buka aplikasi
- Internet
- Buka WICD network manager
- Pilih properties
- Tandai Use Static DNS
- Pilih jenis WEP
- Tulis di kode “jojobaik”
- Klik OK
- Klik connect
- Apabila sudah berhasil, cobalah browsing

4. Tata urutan kabel straight :
Putih orange – orange – putih hijau – biru – putih biru – hijau – putih coklat – coklat

5. – Network Manager
- New Mobile Broadband
- Pilih Negara “Madinah” , forward
- Pilih provider “Aljawal”
- Masukkan kode dial-up *999#

6.
modem terdeteksi di /dev/ttyUSB0
lanjut ke pengaturan wvdial
masuk ke
~$ sudo gedit /etc/wvdial.conf
tambahkan baris berikut
[Dialer smartfren]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Stupid Mode = 1
Modem Type = Analog Modem
Command Line = ATDT
ISDN = 0
New PPPD = yes
Phone = #777
Modem = /dev/ttyUSB0
Username = smartfren
Password = smartfren
Baud = 460800
langkah terakhir coba koneksi dengan cara
~$sudo wvdial smartfren
--> WvDial: Internet dialer version 1.60
--> Cannot get information for serial port.
--> Initializing modem.
--> Sending: ATZ
ATZ
OK
--> Sending: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
OK
--> Modem initialized.
--> Sending: ATDT#777
--> Waiting for carrier.
ATDT#777
CONNECT 3100000
--> Carrier detected. Waiting for prompt.
~[7f]}#@!}!}!} }3}"}&} } } } }#}%B#}%}'}"}(}"W}0~
--> PPP negotiation detected.
--> Starting pppd at Fri Jul 15 06:54:49 2011
--> Pid of pppd: 5113
--> Using interface ppp0
--> local IP address 10.249.99.173
--> remote IP address 10.20.31.6
--> primary DNS address 10.17.3.252
--> secondary DNS address 10.17.3.244

0 comments:

Post a Comment